FINANCIAL MANAGEMENT BAGI GENERASIL MILLENIAL

Sabtu, 7 September 2019

Inspitalk (INSPiration on the TALK) merupakan acara dengan konsep "Talkshow" yang dilaksanakan guna berbagi inspirasi dari narasumber kepada para peserta. Topik yang dibahas juga beragam, kita dapat membahas tentang Marketing, Health, Finance, Design, Branding, Tips, Self-Improvement, Technology, Innovation, Art, dll. Harapannya dengan dihadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya diharapkan teman-teman mendapatkan pengetahuan, terinspirasi dan kemudian menerapkannya dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Pada tanggal 20 Agustus 2019 kemarin, kegiatan Inspitalk baru saja dilaksanakan dengan mengangkat tema tentang “Financial Management for Millenials”. Kenapa pada Inspitalk kali ini membahas tentang Financial Management terutama pada generasi millenials? Karena kerap kali generasi millenial itu dihubungkan dengan permasalahan keuangan. Muda dan sudah bekerja serta memiliki penghasilan tetap yang tebilang besar belum tentu bebas dari masalah keuangan. Pada kenyataannya, generasi millenial dikenal dengan generasi yang pintar dan kreatif dalam menghasilkan uang tapi sulit dalam mengelolanya. 

Dalam acara Inspitalk kali ini diikuti oleh total 37 peserta yang berasal dari PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA, PT CAPELLA MEDAN, serta PT CAPELLA MULTIDANA yang dipandu oleh Ibu Noni Novika Sari selaku APD Section Head di PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA dengan menghadirkan narasumber yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu Bapak Jumin selaku Direktur Operational dan Keuangan dari PT CAPELLA MULTIDANA. Bapak Jumin memberi masukan bahwa dalam mengelola keuangan generasi millenial sebaiknya :

  1. Tetapkan tujuan keuangan yang dihasilkan.

  2. Buat rencana pengeluaran setiap bulannya.

  3. Menahan diri dari godaan tawaran penjualan.\\

  4. Menganalisa apakah barang branded yang ingin dibeli adalah sesuai keinginan/kebutuhan.

  5. Lakukan review pengeluaran secara berkala.

  6. Kurangi pergi ke mall.

  7. Mengumpulkan pendapatan lebih dari satu sumber tapi tetap harus profesional dengan tanggung jawab utama.

  8. Menabung dan berinvestasi.

  9. Bijak dalam berhutang.

Di akhir sesi kegiatan ditutup dengan foto bersama Moderator & Narasumber dan tentunya pesan serta harapan kepada peserta setelah mengikuti pelatihan ini dapat terinspirasi dan mengetahui tips-tips memanajemen keuangan sehingga dapat menerapkan pada pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya, Salam Satu Hati (JJU)

(ctb)