Team Development Through Coaching Activities

Jumat, 3 Januari 2020

          Banyak pimpinan di dunia ini yang berpendapat bahwa tidak cukup apabila hanya memikirkan persoalan tentang perkembangan bisnis yang sedang dijalankan, namun mereka juga mengkhawatirkan tentang bagaimana cara untu meningkatkan kinerja dari tiap anggota yang dipimpinnya. Bagaimana untuk tetap mempertahankan karyawan  bintang ataupun juga untuk memotivasi setiap anggota yang ada demi mencapai target bersama dalam team.

          Dalam hal membangun dan mengelola team menjadi luar biasa, dibutuhkan kesiapan yang lebih ekstra. Seorang pemimpin harus tahu apa yang dibutuhkan oleh anggota saat ini, bagaimana untuk memotivasi dan memberi masukan untuk menjadi lebih baik lagi. Seorang Pemimpin diharapkan mampu menyediakan bimbingan dan dituntut untuk dapat menjadi seorang role model bagi anggotanya.

          Untuk mendukung perkembangan SDM menjadi lebih baik lagi kedepannya, PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA, khususnya departemen HRD mengadakan pelatihan dengan tema “Coaching” yang mana dibawakan langsung oleh seorang pembicara yang sudah tersertifikasi melalui Profesional Coach Certification Program dan materi dibahas berdasarkan 11 (sebelas) Kompetensi dalam melakukan Coaching sesuai dengan standar ICF (International Coach Federation). Pembicara tersebut, yang sudah tidak asing lagi di lingkungan perusahaan ialah Ibu Cenny selaku Human Resource Development Department Head.

          Kegiatan yang diadakan pada tanggal 26 November 2019 ini diikuti oleh sebanyak 27 (dua puluh tujuh) peserta dari karyawan internal PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA & Affco, PT CAPELA MEDAN, dan PT CAPELLA MULTIDANA. Pada pelatihan Coaching ini diharapkan agar para peserta dapat menerapkan kegiatan coaching dalam lingkungan pekerjaan sehari-hari khususnya dalam hal membangun dan membentuk team yang luar biasa guna mendukung pancapaian target dari bagian masing-masing maupun perusahaan secara keseluruhan.

          Sebagai penutup dari pelatihan Coaching, fasilitator menyerahkan beberapa cinderamata sebagai apresiasi kepada peserta dan kelompok dengan predikat tertentu. Penyerahan cinderamata diberikan kepada antara lain : Ali Sanjaya (HO. MDV) peserta teraktif pertama, Livia Thenaria (HO. HRD) peserta teraktif kedua, Anton (HO. AFD) peserta dengan nilai post test tertinggi, dan kelompok Frozen sebagai kelompok terbaik.

          Demikian artikel ini dibuat, ikuti terus dan jangan sampai ketinggalan informasi mengenai seluruh kegiatan yang akan diadakan oleh HRD sampai dengan penghujung tahun 2019 nanti.

          Makan nasi lemak pakai sambal terasi
          Perut kenyang nikmat rasanya
          Karir terhambat karena minim kompetensi?
          Ikuti pelatihan adalah jawabannya….

Sekian dan terima kasih. Salam SATU HATI.(JYU/030120)

(ctb)