Marketing for non Marketers (Talent Development Program Batch I)

Jumat, 3 Januari 2020

          Sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan Talent Development Program Batch I yang telah dimulai sejak bulan Juni 2019, maka pada bulan Oktober 2019, kembali dilaksanakan Workshop yang berisi tentang pembelajaran mengenai dunia Marketing. Tepat pada bulan yang sama yaitu Oktober 2019, para peserta TDP juga telah menyelesaikan penyusunan dan pemaparan proyek kepada para komite sebagai hasil dari pembelajaran yang telah didapat oleh peserta melalui kegiatan Workshop HR for non HR yang telah dijalani di bulan Juli 2019.

          Dengan telah selesainya proyek HR, maka pada tanggal 10 - 12 Oktober 2019 peserta TDP kembali menjalani kegiatan Workshop Marketing for non Marketers selama 3 (tiga) hari, yang mana pada hari pertama dan kedua dibawakan oleh seorang pembicara yang sangat luar biasa yang datang dan diundang langsung dari Jakarta yaitu Bapak Daniel Saputro. Beliau merupakan salah satu Trainer yang terkenal di Indonesia dan juga sudah memiliki begitu banyak pengalaman dalam bidang marketing sehingga dapat dengan sangat baik menyampaikan dan memberikan gambaran mengenai dunia marketing yang ada pada saat ini. Kegiatan di hari pertama diawali dengan kata pembukaan yang dibawakan langsung oleh Bapak Johan selaku Direktur Operasional. Beliau menyampaikan harapan-harapan terhadap para peserta yang dikaitkan dengan target perkembangan perusahaan kedepannya di bidang marketing.

          Di hari ketiga, kegiatan kemudian difasilitasi oleh 3 orang manager yang berasal dari divisi internal perusahaan yang berhubungan dengan bagian marketing. Para pimpinan departemen tersebut juga turut menyampaikan bagaimana kondisi marketing di dalam perusahaan. Ketiga fasilitator tersebut adalah : Bapak Ramalius Halim selaku Marketing Development Department Head, Bapak Wandy Salim selaku Sales Department Head, dan juga Bapak William selaku Retail Sales Department Head.

          Setelah para peserta diberikan gambaran mengenai bagaimana kondisi dunia marketing secara umum dan disesuaikan dengan kondisi internal perusahaan, para peserta diharapkan mampu memahami dan memberikan saran pengembangan dalam bentuk proyek yang akan dipaparkan kepada para komite TDP pada bulan Januari 2020 yang akan datang. Workshop Marketing for non Marketers merupakan kegiatain terakhir dalam rangkaian program TDP di tahun 2019 ini, akan tetapi bukanlah menjadi kegiatan terakhir yang akan dijalankan secara keseluruhan. Di tahun 2020 mendatang akan ada lebih banyak lagi kegiatan lainnya yang akan diikuti oleh para peserta TDP Batch I, jadi tetap pantau dan update terus info mengenai rangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh para peserta. Salam SATU HATI. (JYU/030120)

(ctb)